Tertarik Jurusan Sistem Informasi? Pahami 10 Hal Ini

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2022 telah dimulai oleh PTN maupun PTS. Tentu, calon mahasiswa harus segera menentukan pilihan jurusan kuliah apa yang akan diambil.

Jika kamu tertarik ingin kuliah di Jurusan Sistem Informasi, maka harus paham beberapa hal ini. Sebab, banyak orang yang belum memahami jurusan kuliah ini dengan baik.

Apalagi ada pilihan jurusan serupa dengan Sistem Informasi, seperti Teknik Informatika atau Teknik Komputer.

Jurusan Sistem Informasi merupakan salah satu program studi yang unik karena menggabungkan beberapa bidang keilmuan, yaitu Ilmu Komputer, Manajemen, dan Bisnis.

Jadi, pada jurusan ini kamu akan belajar memanfaatkan ilmu dan teknologi komputer untuk mendukung kebutuhan bisnis.

Melansir laman Quipper, Kamis (31/3/2022), pahami 10 hal berikut ini jika kamu tertarik Jurusan Sistem Informasi: 1. Cocok yang suka teknologi
Apabila kamu suka dengan hal-hal yang berbau teknologi, maka jurusan kuliah ini sangat cocok. Tapi jika sukda dengan hardware, maka Ilmu Komputer bisa jadi pilihan yang tepat. Sedang jika lebih tertarik pada pengembangan software, maka bisa memilih Teknik Informatika. Namun, kalau tertarik untuk memahami keduanya sekaligus memahami prospek bisnis dari sebuah produk teknologi, maka Jurusan Sistem Informasi adalah pilihan yang tepat.

2. Mempelajari Ilmu Komputer dan Manajemen
urusan Sistem Informasi mempelajari dua bidang sekaligus, yakni Ilmu Komputer dan Ilmu Bisnis atau Manajemen. Dengan begitu, kamu tidak hanya bisa membuat suatu produk teknologi, tetapi juga mampu membuat dan mengembangkan proyeksi bisnis dari produk tersebut. Istilah kerennya adalah technopreneur.

3. Aplikatif
Di jurusan kuliah ini menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan penggunaannya secara real oleh berbagai pihak. Contohnya, beberapa tahun yang lalu ilmu Sistem Informasi banyak digunakan untuk membangun dan mengembangkan sistem database. Ini karena kebutuhan mendesak kala itu adalah setiap perusahaan baik yang kecil maupun yang besar merasa wajib memiliki memiliki sistem database yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

4. Bisa rintis usaha sendiri
Tentu, kemampuan tersebut dapat kamu manfaatkan sendiri dengan merintis bisnis pribadi dan menjadi technopreneur. Jadi, kamu tidak akan terlalu kesulitan dalam melakukan hal tersebut karena ilmunya kamu sudah miliki. Namun, yang namanya merintis usaha sendiri tidak terlepas juga dari berbagai risiko. Jadi, kamu harus mempersiapkan mental dengan baik sebelum mengeksekusinya.

5. Lulusan banyak dibutuhkan
Karena pemahamannya cukup luas, maka tak heran jika mereka banyak diincar perusahaan baik negeri maupun swasta saat ini. Sebab, hampir semua hal yang kamu pelajari merupakan kebutuhan utama bagi banyak perusahaan saat ini, yang melakukan upaya optimasi pada berbagai bidang termasuk melakukan proses digitalisasi.

6. Dapat menjadi programmer
Kamu tinggal perdalam saja tiap-tiap mata kuliah yang berhubungan dengan pemrograman selama kuliah. Kemudian kamu juga bisa mematangkannya dengan mengikuti beberapa bootcamp atau training yang berhubungan dengan pengembangan skill pemrograman.

7. Punya kemampuan problem solving
Saat belajar di jurusan ini kamu akan dilatih untuk selalu mengembangkan kreativitas dan berinovasi untuk menciptakan solusi. Tentunya solusi yang dimaksud yakni memanfaatkan teknologi sistem informasi. Misal, kamu membuat sebuah aplikasi ticketing untuk mengurangi antrian di ruang tunggu rumah sakit.

8. Terbuka bagi lulusan IPS
Ternyata, Sistem Informasi terbuka untuk lulusan SMA jurusan IPS. Sekalipun demikian bukan berarti kamu tidak akan bertemu Matematika di jurusan ini. Namun, mata kuliah IPA lain seperti Kimia Dasar atau Fisika Dasar tidak ada.

9. Pilihan karir luas
Ada banyak pilihan karir yang bisa kamu pilih. Sebagai gambaran, kamu bisa bekerja sebagai programmer, business development, website developer, project manager, data analyst, teknisi IT, business analyst, dan business intelligence.

10. Ada peluang lanjut ke pascasarjana
Di jurusan kuliah ini juga bisa lanjut ke jenjang pascasarjana hingga S3. Bahkan prodi yang linier juga banyak tersedia di perguruan tinggi di Indonesia maupun luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *